Langsung ke konten utama

PENGALAMAN TAMBAL TANGKI MOTOR


Kali ini gw ingin berbagi pengalaman tentang masalah tangki motor, khususnya vixion.  Sebenarnya kejadian ini udah lama, udah hampir setahun tapi baru sempet berbagi sekarang 😁. Oke kembali ke topik, namanya motor lama pastinya udah banyak masalah, salah satunya masalah tangki yang bocor karena karat kaya motor gw ini, karat muncul di bagian dekat jok  :

Tangki yang berkarat dan rembes di tutupi skotlet biar keliatan rapi

Keadaan tangki yang berkarat dan bocor tanpa skotlet

Lalu setelah saya mencari info kesana kemari di google katanya ditambal pake tambalan panci sudah cukup:

Tangki bocor cuma di tambal pake tambalan panci

Tetapi selang beberapa hari setelah itu tangki masih rembes dan lem di tambalan pancinya malah ikut cair (larut dengan bensin yang keluar) dan mengotori celana saya πŸ˜’, ini tentunya membuat saya kesal karena nodanya sulit dihilangkan 😫.

Lalu saya mencoba cara lain, yaitu ditambal dengan dempul haha.. Tidak salahnya mencoba 😁
➤Pertama kita sedot dulu bensin ditangkinya

Sedot gan...







➤Setelah itu kita bersihkan bagian tangki yang berkarat dengan amplas, tapi sebelumya kita buka dulu beberapa bagiannya agar mudah dalam mengaplas.

beberapa body yang di lepas
Bagian yang berkarat terlihat berlubang
Bagian kanan tidak begitu parah sampai berlubang
Waktunya pengamplasan

➤Setelah selesai mengamplas, saatnya di beri dempul, saya menggunakan merk Dextone (yang versi 5 menit kering)

Gambar terkait
Dempul atau Epoxy yang digunakan







➤Setelah itu saatnya kita cat ulang, Disini saya menggunakan merk Samurai yang katanya bisa sesuai dengan warna motor pabrikan.

Cat semprot Samurai
Persiapan sebelum di semprot
Tangki setelah di semprot dan saya beri dempul lagi dikit karena kurang rata πŸ˜‚




➤Setelah itu saya diamkan sehari semalam bair mantap, lalu masukkan kembali lagi bensinnya. Karena gak ada corong saya pakai bekas minuman gelas kemasan.




HASIL:
Sehari dua hari masih terasa belum bocor, lalu setelah itu bau bensin tanda bensin bocor kembali, setelah itu masih saya coba tambal kembali, dengan cara yang berbeda yaitu sebelum pengecatan saya lapisi dulu dempul dengan lem super korea (sejenis Alteco). Tapi sama saja tetap bocor (Maaf gak sempet foto). Dan akhirnya saya sekarang beli tangki baru . dan sudah mulai kelihatan clear dan cat tangki yang memudar karena tergesek jok motorπŸ˜‚

KESIMPULAN:
Menurut saya percuma kalo tangki ditambal, mending beli tangki baru. Kalo bisa sekalian motornya yang baru 😹😭

Sekian...



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGHITUNG RASIO GEAR SEPEDA MOTOR DAN PENGARUHNYA

  Gear merupakan suatu komponen yang sangat penting dalam sepeda motor, fungsi dari gear ini adalah memutar roda dengan bantuan rantai sebagai penyalur tenaga dari putaran mesin ke roda. Tiap motor memiliki ukuran gear yang berbeda-beda. Ukuran gear ini sangat berpengaruh pada kinerja sepeda motor. Contoh ukuran rasio gear dapat dilihat pada tabel dibawah ini: Tabel contoh rasio gear pada sepeda motor Pada tabel diatas dapat dilihat hasil rasio dari ukuran gear depan dan belakang, dimana : x merupakan ukuran gear belakang y merupakan ukuran gear depan Contohnya adalah pada sepeda motor Yamaha Vixion. Yamaha Vixion menggunakan ukuran gear depan 14 dan ukuran gear belakang 42, maka akan didapatkan hasil rasio gear sebesar 3,00. Hasil ini didapatkan dari persamaan berikut: Rasio = Ukuran gear belakang               Ukuran gear depan Lalu apa pengaruh besar rasio gear terhadap kinerja motor? Tentunya sangat berpengaruh sekali, yaitu semakin besar rasio gear ya