Langsung ke konten utama

MENGHITUNG RASIO GEAR SEPEDA MOTOR DAN PENGARUHNYA

 

Gear merupakan suatu komponen yang sangat penting dalam sepeda motor, fungsi dari gear ini adalah memutar roda dengan bantuan rantai sebagai penyalur tenaga dari putaran mesin ke roda. Tiap motor memiliki ukuran gear yang berbeda-beda. Ukuran gear ini sangat berpengaruh pada kinerja sepeda motor. Contoh ukuran rasio gear dapat dilihat pada tabel dibawah ini:

rasio gear motor
Tabel contoh rasio gear pada sepeda motor


Pada tabel diatas dapat dilihat hasil rasio dari ukuran gear depan dan belakang, dimana :
  • x merupakan ukuran gear belakang
  • y merupakan ukuran gear depan
Contohnya adalah pada sepeda motor Yamaha Vixion. Yamaha Vixion menggunakan ukuran gear depan 14 dan ukuran gear belakang 42, maka akan didapatkan hasil rasio gear sebesar 3,00. Hasil ini didapatkan dari persamaan berikut:

Rasio = Ukuran gear belakang
              Ukuran gear depan

Lalu apa pengaruh besar rasio gear terhadap kinerja motor? Tentunya sangat berpengaruh sekali, yaitu semakin besar rasio gear yang didapatkan maka akan semakin besar torsi/tarikan sepeda motor yang dihasilkan tetapi top speed akan berkurang. Sebaliknya,  semakin kecil rasio gear yang didapatkan maka torsi/tarikan sepeda motor akan berkurang tetapi top speed akan bertambah.

Contohnya pada sepeda motor Yamaha Vixion, jika kita ini menambah torsi maka kita dapat mengubah gear depan dengan ukuran yang lebih kecil atau mengubah ukuran gear belakang dengan ukuran yang lebih besar, sehingga akan didapatkan rasio gear yang lebih besar dari standart pabrikan. Begitupun kita lakukan sebaliknya jika ingin menambah top speed.

Sekian penjelasan dari saya, kurang lebihnya saya minta maaf. Semoga bermanfaatπŸ˜€πŸ‘Œ

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGALAMAN TAMBAL TANGKI MOTOR

Kali ini gw ingin berbagi pengalaman tentang masalah tangki motor, khususnya vixion.  Sebenarnya kejadian ini udah lama, udah hampir setahun tapi baru sempet berbagi sekarang 😁. Oke kembali ke topik, namanya motor lama pastinya udah banyak masalah, salah satunya masalah tangki yang bocor karena karat kaya motor gw ini, karat muncul di bagian dekat jok  : Tangki yang berkarat dan rembes di tutupi skotlet biar keliatan rapi Keadaan tangki yang berkarat dan bocor tanpa skotlet Lalu setelah saya mencari info kesana kemari di google katanya ditambal pake tambalan panci sudah cukup: Tangki bocor cuma di tambal pake tambalan panci Tetapi selang beberapa hari setelah itu tangki masih rembes dan lem di tambalan pancinya malah ikut cair (larut dengan bensin yang keluar) dan mengotori celana saya πŸ˜’, ini tentunya membuat saya kesal karena nodanya sulit dihilangkan 😫. Lalu saya mencoba cara lain, yaitu ditambal dengan dempul haha.. Tidak salahnya mencoba 😁 ➤Pertama kita s